Tuesday, June 23, 2009

JET PRIBADI

Ada sementara percandaan di kalangan wanita lajang yang sedang membahas tentang jodoh dan pernikahan. Ketika sampai pada pertanyaan: “Apa yang kamu lihat dari seorang pria untuk menjadi suamimu?” Sebuah jawaban yang tampaknya serius dan benar, terlontar: “Bagiku yang penting adalah pribadinya.” Namun rupanya, jawaban itu sebuah awal dari yang dimaksud sebenarnya (dan mengundang tawa). “Pokoknya dia punya mobil pribadi, rumah pribadi, lapangan golf pribadi, kapal pesiar pribadi…”

Tentu ada benarnya, bukan semata bercanda. Bagaimana pun idaman seorang wanita, calon istri, adalah sebuah keamanan dan kenyamanan atas nama materi. Itu sangat tidak salah, karena cinta saja di zaman kini tidaklah cukup.

Bagaimana dengan jet pribadi?

Ketika kita punya mobil, kemungkinan besar kita sanggup menyiapkan garasinya. Tetapi jika yang dimiliki adalah pesawat, berapa luas lahan yang harus disediakan untuk—bukan hanya hanggarnya, melainkan juga—terbang lepas landas? Ketika mobil dinyalakan mesinnya pada pagi hari sebelum dikendarai (entah berangkat ke kantor atau melancong ke suatu tempat), bagaimana tindakan yang sama dilakukan terhadap pesawat? Ini bukan pesawat telepon atau pesawat radio lho! Suara gemuruhnya akan mengganggu tetanggi dalam radius kilometer!

Tentu saja, selain maskapai penerbangan milik negara dan swasta, tidak disediakan landasan dengan jarak minimal 1 kilometer. Bahkan, beberapa fasilitas bandar udara penerbangan komersial bermula pada pinjaman dari Angkatan Udara (Yogya, Solo, Madiun) atau Angkatan Laut (Surabaya)—untuk menyebut contoh.

Perusahaan Negara semacam Pertamina melengkapi fasilitas pesawat dengan daya tampung penumpang skala kecil untuk operasional. Juga perusahaan pertambangan lain, seperti batubara, tembaga, gas, atau emas semacam Freeport; sudah pasti punya helikopter atau pesawat untuk kebutuhan peninjauan antar kawasan.

Jadi, mungkinkah warga negara Indonesia secara perorangan memiliki sebuah pesawat? Ternyata: mungkin! Mula-mula memiliki pesawat kecil dan helikopter. James Riyadi, pemilik Lippo Group, sependengaran saya punya sejumlah helikopter, sehingga di beberapa gedung tinggi miliknya disiapkan heliped untuk pendaratan.

Ketika teknologi jet sudah digunakan dalam berbagai tipe kapal terbang sebagai pengganti sistem tenaga penggerak propeller (baling-baling), kecepatan beberapa max lebih lekas itu menjadi incaran kebutuhan akan penggunaan waktu. Bagi para pengusaha yang diperlukan di banyak tempat dalam waktu yang relative ringkas, perlu kendaraan seperti itu. Sudah biasa bagi mereka, sarapan di Jakarta, makan siang di Hongkong, dinner di Jepang.  

Saya mendengar (karena tak melihatnya sendiri) bahwa Angky Camaro memiliki jet pribadi. Tetapi bisa saja ini keliru, walaupun dalam rujukan Paman Google yang saya telusuri selalu mengarah ke pernyataan itu.

Angky Camaro adalah mantan Managing Director di Indomobil Group yang berasal dari pejabat Bank Central Asia. Sejak beberapa tahun yang lalu melepaskan diri dari posisi orang kedua setelah Soebronto Laras dan berkantor sebagai Presiden Direktur HM Sampoerna di Surabaya. Berpindah dari perusahaan otomotif menuju perusahaan rokok. Jauh sekali bedanya secara karakter bisnis, namun itu membuktikan bahwa Angky Camaro memang serbabisa dalam mangatur manajemen manusia.

Beberapa waktu yang lalu, selain terdengar terbang dengan jet pribadi, ia juga memiliki pengalaman yang dibagi kepada khalayak, yakni mengenai transplantasi ginjal yang dialaminya. Kini, sejak Senin 22 Juni, kita kehilangan Angky Camaro yang meninggal dunia karena sakit bagian dalam.

Bagi seorang kaya raya macam Angky Camaro, uang seperti tidak jadi masalah. Atau ia justru sangat memperhitungkan waktu sebagai sumber pendapatan uang terbesar sehingga tak ingin membuang-buang waktu. Dengan jet pribadi, Angky akan lebih cepat ke mana-mana dalam perjalanan dinas (biztrip). Sementara dengan investasi sebesar itu, akan menundang lebih banyak uang dan dengan lekas pula. Jet, tentu tidak cukup dengan bahan bakar solar atau bensin. Ada energi kelas tinggi yang digunakan sebagai konsumsi jet, ayakni sejenis AVTUR (aviation turbine fuel) yang didistribusi oleh Pertamina dalam jumlah lebih terbatas dibanding jenis bahan bakar lainnya.

Barangkali tak jadi masalah, toh Angky Camaro membeli, bukan dengan cara meminta AVTUR untuk kepentingan pribadinya. Sementara banyak rakyat Indonesia masih antre minyak tanah di pelbagai tempat yang jauh dari jangkauan distribusi Pertamina. Namun, belum lagi habis rasa kagum atau takjub itu, muncul pesona baru yang berfungsi untuk mendongkrak kharismatik seseorang.

Siapa tak kenal Prabowo Subianto? Dialah menantu mantan Presiden Soeharto, putra Begawan Ekonomi Widjojo Nitisastro, mantan suami Titi Hediyati. Masa lalunya gemilang dengan karier sebagai Komandan Kopassus, lalu terpelanting saat episode lengsernya Pak Harto, dengan konflik yang tajam antara dirinya dengan Jenderal Wiranto sebagai pemegang kendali keamanan seluruh negeri di saat itu (1998). Prabowo bahkan disinyalir sebagai otak dari kerusuhan dan diisukan pernah mengancam BJ Habibie.

Peristiwa itu memang sudah lampau. Zaman berubah. Perlahan-lahan, nama yang sempat terkubur itu bangkit lagi melalui HKTI (sebagai ketuanya) yang dekat dengan para petani. Konsepnya tentang ekonomi kerakyatan yang seolah ingin menyadarkan kita pada “kodrat” negara agraris bagi Indonesia, telah menarik simpati. Berapa triliun ia habiskan biaya atas nama Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) untuk kampanye? Susah menghitungnya, ketika iklannya di televisi semacam serial yang sangat teratur dan terencana.

Prabowo Subianto juga memiliki jet pribadi! Tentu saja ada sejumlah besar rupiah yang (dihasilkan melalui bisnisnya di Timur Tengah dan) digunakan untuk memborong AVTUR. Energi mewah yang membuat geraknnya sangat mudah. Pertanyaan berikutnya: dengan keberlimpahan seperti itu, akankah ia menjadi negarawan yang bijaksana?

Hmm, jet pribadi! Saya sedang berusaha keras merawat mobil pribadi yang diperoleh dengan susah payah agar tak keburu rusak sebelum tabungan cukup untuk mengganti dengan mobil bertahun pembuatan lebih muda. Hmm, jet pribadi. Zzuueeeeeng!

(Kurnia Effendi, untuk IEW)

 

8 Comments:

Blogger Rangkajaringangan said...

Jet Pribadi?
Hmm... apa mungkin indonesia dimasa mendatang sudah harus memiliki peraturan baru, dimana setiap pertokoan besar di Ibukota wajib menyediakan lapangan untuk 'jet pribadi'???

Hm...
????

1:40 AM  
Anonymous auRoyo said...

Tulisan yang asyik buat mengingatkan jet pribadi radigowo mati.. hehehe
Ohya.. koreksi dikit, Prabowo itu putra Soemitro Djojohadikusumo, begawan ekonomi juga seperti Widjojo Nitisastro.
Slamat berkarya, Mas..

Salam
r^y^

12:22 PM  
Blogger Mayliza said...

Jet Pribadi??????????
Yuhuuu...
in my opinion, jika jalan yang di tempuh untuk menjadi negarawan membuang banyak duit, pasti kalau sudah jadi....mulai mengumpul balik duit. hasilnya..... bukan negarawan baru...
tapi koruptor baru....
Siapa yang akan mencoblos calon koruptor?

10:32 PM  
Blogger lina123 Chen said...

chenlina20150627
chanel outlet
louis vuitton
gucci bags
marc jacobs outlet
abercrombie and fitch
soccer jerseys
michael kors uk
ray ban uk
ray ban sunglass
louis vuitton outlet
louis vuitton outlet
coach factorty outlet
jordan 3 infrared
louis vuitton handbags
celine handbags
ray ban outlet
insanity workout
louis vuitton handbags
toms shoes
oakley vault
michael kors
ray ban glasses
juicy couture outlet
celine handbags
true religion outlet
oakley outlet
michael kors outlet
burberry outlet
louis vuitton handbags
abercrombie and fitch
oakley sunglasses
hollister jeans
chanel outlet
michael kors
oakley sunglasses
christian louboutin outlet
adidas outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
retro 11

3:47 PM  
Blogger chenlina said...

chenlina20160505
lebron 11
tory burch outlet
kate spade handbags
nike store
ray ban sunglasses
kobe 9
toms wedges
michael kors outlet
christian louboutin outlet
air jordans
louis vuitton handbags
tiffany outlet
coach factorty outlet
air jordans
louis vuitton handbags
michael kors handbags
christian louboutin outlet
authentic louis vuitton handbags
kobe 9
adidas uk
michael kors handbags
beats solo
michael kors handbags
true religion outlet
louis vuitton handbags
ray ban sunglasses
ralph lauren uk
polo ralph lauren
michael kors outlet clearance
michael kors outlet
coach factory outlet
ugg outlet
vans shoes sale
nike air max
cheap jordan shoes
kd 8 shoes
timberland boots
coach outlet store online
louis vuitton outlet online
kobe bryant shoes
as

9:09 AM  
Blogger Zheng junxai5 said...


zhengjx20160706
jordan retro 4
tory burch outlet
cheap oakleys
fitflop shoes
tods outlet store
christian louboutin sale clearance
nike air max 90
louis vuitton outlet
michael kors outlet
oakley outlet
gucci outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
oakley sunglasses
ray ban sunglasses
hollister kids
coach outlet store online clearances
cheap toms
adidas originals
abercrombie outlet
nike blazers uk
cheap oakley sunglasses
michael kors purses
ralph lauren
michael kors outlet
jordan 3 retro
kate spade outlet
rolex watches
toms shoes
louis vuitton outlet online
ralph lauren outlet
coach factory outlet
nike outlet
louis vuitton bags
coach factory outlet online
ghd hair straighteners
oakley sunglasses wholesale
celine handbags

2:08 PM  
Blogger dong dong23 said...

coach outlet store online
michael kors outlet
hollister uk
adidas nmd
coach factory outlet online
ugg boots
moncler uk
goose outlet
michael kors
uggs outlet
201612.24wengdongdong

4:25 PM  
Blogger Mie Helal said...

many thanks for permitting me to comment
http://www.kuwait.prokr.net/
http://www.emirates.prokr.net/

2:46 PM  

Post a Comment

<< Home