Monday, April 24, 2006

Selamat Ulang Tahun, Mbak Ratna

Percakapan Ringkas dengan Mbak Ratna Indraswari Ibrahim

Hari ini, 24 April 2006, Ratna Indraswari Ibrahim, cerpenis senior Malang, berulang tahun. Saya mendapat info ini dari Mbak Dyah, programmer News FM Malang, ketika menyampaikan bahwa tanggal 25 April saya hendak bertugas ke Malang. Wah, telat sehari, saya pikir. Tapi tak apalah, akan saya sempatkan untuk singgah di rumah inspiratif Mbak Ratna, besok.

Tadi pagi, khawatir terlupa, saya kirim sms kepadanya: "Selamat ulang tahun, Mbak Ratna. Semoga Allah senantiasa melimpahkan nikmat sehat dan inspirasi tiada henti, seraya menghikmati kericik air depan beranda." Tak berapa lama ia membalas: "Terima kasih."

Menjelang pukul 11, saya mencoba meneleponnya, yang disambut dengan keramahan. Tentu, karena hatinya juga sedang bungah oleh hari bahagia ini. Saya bilang ingin ngobrol jika tidak sedang sibuk. Harapan saya terkabul. Mengapa dia tak sibuk? Karena komputernya rusak sejak satu bulan yang lalu. Tentu saja tak ada kegiatan menulis sepanjang itu. Bukankah 'senjata' penulis adalah mesin ketik atau komputer?

"Jadi cerpen Dina Diam Saja di Kompas tempo hari itu..."
"Ya, itu cerpen yang terakhir. Sekarang belum nulis lagi. Mas Kurnia sibuk apa?"
"Saya sedang suka membaca, kemudian menulis resensinya."
"Oh ya sama, sekarang saya sedang membaca dua buku. Pertama Sang Alkemis, Paulo Coelho. Dan satu lagi..."

Nah yang ini, saya tidak begitu jelas mendengarnya. Tertangkap sebagai "Satan Smile" atau apalah, karya pengarang Perancis, tetapi yang sedang dibaca edisi bahasa Inggris. Buku itu, menurutnya, memiliki riwayat yang membuat Mbak Ratna sangat bahagia.

Syahdan, begini ceritanya. Bahwa pada masa lalu, ketika Ratna Indraswari Ibrahim masih remaja, usia 15 tahun, ia pernah ingin membaca buku itu. Tetapi, tentu di masa 'kini' sudah tak terlacak lagi di mana mesti membeli. Keinginan itu pernah diobrolkan dengan sahabatnya, Herman namanya (tentu bukan dalam cerpen Dewi Lestari yang berjudul: "Mencari Herman" dalam "Filosofi Kopi"). Rupanya - inilah arti seorang sahabat - Herman menyampaikan kepada kakak Mbak Ratna yang bernama Farida Ibrahim (juga seorang pengarang, lho!). Mbak Farida minta tolong pada sahabatnya, Ken Zuraida (isteri Mas Willy Surendra) yang sedang berada di Jerman. Maka diperoleh buku itu di sana. Ketika Mbak Farida memberikannya kepada Mbak Ratna, itu adalah hadiah yang luar biasa baginya.

Sedikit tentang Farida Ibrahim: beliau telah meninggal dunia 7 tahun silam. Sebagai pengarang, Farida Ibrahim seangkatan dengan Mottinggo Boesye, Trisno Juwono, Sunarjono Basuki (yang sampai kini masih menyimpan puisi-puisi almarhumah tapi tak boleh diminta oleh Ratna, adiknya). Di jaman mereka, rata-rata masih gandrung kepada Elvis Presley.

"Nah, apa harapan Mbak Ratna pada ulang tahun sekarang ini?"
"Aku ingin hidup sehat. Dan bisa menulis lebih baik untuk semua orang."
Wah, cita-cita mulia yang terdengar sederhana.
"Karena sehat itu mahal," tambahnya. "Dengan sehat, berarti saya sugih tanpo bondo."
"Benar, Mbak. Saya setuju. Dan Insya Allah besok saya mampir ke rumah," kata saya.
"Jam berapa?"
Lalu saya ceritakan sedikit jadwal saya. Kurang lebih jam 4 sore mungkin, setelah seluruh urusan pekerjaan rampung.
"Kalau nanti malam bisa datang, bisa makan nasi kuning," Mbak Ratna tertawa. "Nah, ini ada kiriman kue tart."
"Mbak, saya minta disisihkan sepotong kue tart ya," Itu permintaan saya. Mudah-mudahan dikabulkan.
Tampaknya memang ini hari bahagia Mbak Ratna. Sepanjang pembicaraan banyak tertawa.. Ia ceritakan akan menggunakan ruang tengah rumahnya untuk acara tumpengan nanti malam, dengan lesehan. Dan memperkirakan yang akan hadir antara 30 - 50 orang.
"Teman-teman saya banyak, dan rata-rata anak muda."
"Dengan demikian," kata saya. "Mbak Ratna akan tetap awet muda."
Kemudian percakapan kami usaikan, dengan harapan besok sore bisa bertemu dalam suasana yang lebih menyenangkan.

"Selamat ulang tahun, Mbak. Kami yang muda-muda ini akan senantiasa belajar banyak dari Mbak Ratna."

Kurnia Effendi
Jakarta, 24 April 2006, 12.04