Monday, July 21, 2008

Indonesia International Motor Show

Otomotif versus Lingkungan

Siapa bilang ekonomi Indonesia terpuruk akibat kenaikan harga BBM? Ternyata aktivitas publik dalam dunia usaha, sifat konsumerisme, dan bertahannya gaya hidup glamour menunjukkan kondisi sebaliknya. Kenyataan itu dapat ditengarai dari antusiasme masyarakat mengunjungi pameran otomotif tahunan bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS)  yang dibuka pada Jumat, 11 Juli 2008. Menempati seluruh hall di Jakarta Convention Centre (JCC), termasuk Cendrawasih Room dan Plenary Hall, seluruh ATPM mobil berupaya menunjukkan citra dengan produk-produk terbaru.

Rencananya, pameran otomotif bergengsi itu dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun karena beliau sedang berada di luar negeri, dan Menteri Perindustrian pun turut mendampingi, akhirnya para peserta pameran membuka sendiri masing-masing stand-nya. Untuk memberikan kesempatan kepada wartawan meliput seluruh kegiatan launching dan opening, agenda dibuat dengan berbeda waktu antara satu dan ATPM lainnya.

Boleh jadi, ketidakhadiran Presiden, selain bersamaan dengan tugas negara, juga menghindari pandangan sinisme masyarakat. Ketika kebijakan pemerintah menentukan kenaikan harga BBM, disinyalir bahwa otomotif, terutama jenis kendaraan motor (roda dua) dianggap sebagai pemboros BBM. Jadi, bagaimana mungkin pemerintah “mendukung” pameran mobil yang jelas-jelas menggunakan bahan bakar minyak; kecuali produk eksperimen yang mulai melirik alternatif bahan bakar selain minyak.

Demikianlah, maka Hyundai, Suzuki, Honda, Nissan, Mitsubishi, Toyota dan lain-lain secara bertutut-turut mengadakan seremoni sendiri. Dalam kesempatan itu, Manajemen Toyota  menyampaikan bahwa event pameran IIMS bukan menjadi medium penjualan, tetapi lebih kepada upaya menunjukkan kepada publik mengenai teknologi baru Toyota. Memang, sejak beberapa tahun lalu, Toyota telah melangkah lebih dulu menuju proyek kendaraan dengan prinsip hemat energi. Selain itu juga dirancang agar ramah lingkungan.

Bagaimanapun lingkungan hidup menjadi perhatian kita bersama. Sejumlah perusahaan otomotif menunjukkan kesadaran terhadap penyelamatan Bumi walaupun secara prosentase tidak terlalu signifikan, karena semua itu tergantung kepada para pengguna kendaraan. Pada akhirnya, pemborosan dan perusakan lingkungan lebih disebabkan dari perilaku manusianya.

Masing-masing produsen mobil  melakukan eksplorasi teknologi mulai dari mesin tenaga surya, listrik, hybrid, bioteknologi, bahkan kemungkinan menggunakan unsur air (hidro). Sejauh ini kampanye kendaraan ramah lingkungan cukup progresif, meskipun tidak diimbangi dengan penetrasi pasar secara optimal. Barangkali harga teknologi itu masih terlalu tinggi, atau secara operasional masih kalah praktis dengan mesin bertenaga bahan bakar minyak.

Saat ini Toyota sedang melakukan uji coba untuk jenis kendaraan hibrida (Toyota Prius). Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar bahkan sudah memiliki mobil itu, sebagai pelopor sesuai bidang yang ditangani. Pada awalnya, nilai eksperimen yang bersifat “trial and error” akan ditanggung oleh para pembeli generasi pertama. Selanjutnya akan menjadi batu loncatan untuk pengembangan berikutnya.

Di tengah keprihatinan langkanya bahan bakar minyak, dinamika rancangan mobil baru tetap ditunjukkan oleh Proton (Malaysia), Mercedes, Hino, VW, dan Suzuki. Sejak generasi Swift, Suzuki mulai “berlangganan” karya desain dari rumah produksi Italia, dengan gaya penampilan khas Eropa. Sementara Honda, dengan Jazz generasi baru, ingin menguasai popularitas dengan harga yang masih terjangkau publik secara luas.

Mudah-mudahan antara harapan berkendara nyaman dengan tetap menyelamatkan kesehatan lingkungan tetap seiring sejalan.

(Kurnia Effendi)

 

 

5 Comments:

Blogger chenlina said...

chenlina20160505
lebron 11
tory burch outlet
kate spade handbags
nike store
ray ban sunglasses
kobe 9
toms wedges
michael kors outlet
christian louboutin outlet
air jordans
louis vuitton handbags
tiffany outlet
coach factorty outlet
air jordans
louis vuitton handbags
michael kors handbags
christian louboutin outlet
authentic louis vuitton handbags
kobe 9
adidas uk
michael kors handbags
beats solo
michael kors handbags
true religion outlet
louis vuitton handbags
ray ban sunglasses
ralph lauren uk
polo ralph lauren
michael kors outlet clearance
michael kors outlet
coach factory outlet
ugg outlet
vans shoes sale
nike air max
cheap jordan shoes
kd 8 shoes
timberland boots
coach outlet store online
louis vuitton outlet online
kobe bryant shoes
as

9:09 AM  
Blogger Unknown said...

www0811
cheap snapbacks
pandora
nike tn pas cher
ralph lauren uk
off white jordan 1
prada outlet
nike factory store
off white jordan 1
coach outlet
ugg boots clearance

8:24 AM  
Blogger 5689 said...

zzzzz2018.8.29
oakley sunglasses
asics shoes
ugg boots
ralph lauren outlet
coach outlet
true religion outlet store
ray ban sunglasses
ugg boots
golden goose shoes
louboutin shoes

1:08 PM  
Blogger zzyytt said...

nike huarache
adidas tubular shadow
balenciaga shoes
adidas eqt
yeezy boost
birkin bag
yeezy boost 350
kyrie 3
nike air force
michael kors outlet

12:49 PM  
Blogger jeje said...

christian louboutin
giuseppe zanotti
canada goose outlet
christian louboutin
jordans
ugg boots outlet
hermes belt
nba jerseys
north face
christian louboutin shoes

8:20 AM  

Post a Comment

<< Home