Saturday, May 24, 2008

Syukuran Awal Film Laskar Pelangi

“Ini Tribute dari Seorang Fans”

Senin malam, 19 Mei 2008, Miles Production dan Mizan Sinema menyelenggarakan syukuran film Laskar Pelangi (LP). Sudah selesai produksi? Bukan. Ini selamatan awal rangkaian shooting yang akan dilakukan di Belitong, lokasi sesungguhnya, sesuai dengan latar tempat berlangsungnya kisah dalam novel Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata.

Dirayakan di MP Book Point, Miles Production (Mira Lesmana) tidak hanya menghadirkan Riri Riza sebagai sutradara dan sang penulis, Andrea Hirata. Tampak sejumlah pendukung  film, mulai dari Salman Aristo sebagai penulis skenario, Cut Mini sebagai Ibu Muslimah, Slamet Rahardjo, Mathias Muchus, Ikranagara, dan Alex Komang.

“Jika boleh jujur, skenario film ini lebih bagus dari novelnya,” puji Andrea Hirata. “Saya sudah tak sabar menunggu film ini. Mungkin saya akan pergi jauh ke Himalaya dan kembali lagi setelah film ini selesai.”

Bagi Salman Aristo, penulis skrip, yang telah melakukan revisi sampai 11 kali, menganggap karyanya kali ini merupakan tribute bagi novel itu. “Saya menyukai novel ini jauh sebelum direncanakan menjadi film. Saya sering berdiskusi dengan Riri Riza, bahwa cerita  Laskar Pelangi hebat. Ketika Mira Lesmana menawarkan kepada saya untuk menulis skenarionya, jawaban saya adalah: kapan? Skrip ini merupakan karya seorang fans.”

Masing-masing pemeran yang akan terlibat dalam proses pembuatan film LP memiliki kesan yang berbeda. Bagi Mathias Muchus, ia mengalami proses ketertarikan yang berjenjang. Mula-mula, di took buku, ia hanya ingin membaca komentar di belakangnya, lalu beranjak ke synopsis, membuka halaman pertama, ternyata perhatiannya tak bisa lepas lagi. Ini sebuah novel luar biasa yang ditulis oleh orang Indonesia.”

Ketika Ikranagara ditelepon oleh Riri Riza, awalnya mengira minta dihubungkan dengan putranya yang satu kelas dan satu angkatan dengan sutradara itu. Namun ternyata, ia ditawari main film. Baiklah, mari kita bicara.” Demikian jawaban Ikra dan ia membaca skenario yang kemudian disetujuinya.

“Inilah momentum kembalinya saya ke dunia film,” ujar Ikra. “Dalam cerita kali ini, peran saya akan berbeda dengan sebelumnya. Ceritanya bagus.” Bahkan Ikranagara menyebut-nyebut istilah unhistory, mengaitkan novel Andrea dengan filosofi dan nilai-nilai pendidikan.

Menanggapi keinginan Andrea pergi jauh selama menunggu film ini selesai, Slamet Rahardjo menghimbau sebaliknya. “Andrea jangan pergi jauh-jauh. Riri Riza sebagai sutradara akan membutuhkan teman diskusi dalam menggarap film ini. Seperti saya dengan Putu Wijaya, sampai berdebat keras untuk mencapai kualitas. Sayangnya saya terlalu menghargai persahabatan, sehingga saya lebih banyak mengikuti skrip Putu.”

Ketika tiba giliran Cut Mini Theo bicara, tak sanggup ditahannya air mata. Ia mengaku merinding ketika membayangkan akan menjadi seorang ibu guru di SD Muhammadiyah Belitong. Dengan suara terbata-bata oleh tangis haru, ia mengatakan: “Mungkin ada Bu Muslimah masuk ke dalam diri saya. Saya sangat berterima kasih telah menjadi bagian dalam film hebat ini. Kalau Andrea ingin pergi jauh, saya justru tak sabar ingin segera bertemu dengan anak-anak saya, murid-murid saya yang menungu di Belitong.”

Tepuk tangan untuk Cut Mini yang tak sanggup menutup rasa harunya. Memang benar, pemeran ke-10 anggota Laskar Pelangi adalah anak-anak asli Belitong. Malam itu, melalui contoh pengambilan gambar, diperkenalkan Laskar Pelangi murid Ibu Muslimah. Kita tunggu dalam beberapa bulan ke depan, film Laskar Pelangi akan menghiasi bioskop di seluruh tanah air.

(Kurnia Effendi)

 

 

 

 

 

15 Comments:

Anonymous Ollie said...

Selamat dan sukses untuk Film Laskar Pelangi!

7:07 PM  
Anonymous silent reverie said...

Wew, aku ngefans sama laskar pelangi. Moga2 beneran... filmnya lebih keren dari novelnya, jadi pengen cepet2 nonton.
Salam kenal... :)

11:17 PM  
Blogger Yudha Yuliardi said...

Semoga Film Laskar Pelangi menjadi film yang layak ditonton oleh "Dunia" dan mencerminkan kepribadian Indonesia pada khalayak internasional.Sukses!

12:03 PM  
Anonymous Harry-Jogja said...

Assl.WW. Saya lihat di acara KickAndy, MetroTV, Sept08.
Saya bandingkan Bu Muslimah yg asli dgn yg di film [yg diperankan Cut Mini] kok beda jauh, terutama dalam cara berpakaian.
Bu Mus asli berjilbab rapat, tetapi Bu Mus di film kok cuma pakai kerudung & ada adegan kerudungnya dilepas.
Apa memang benar pada saat jadi guru, para Laskar Pelangi, Bu Mus yang asli juga cuma berkerudung, tidak berjilbab rapat?
Saya juga sudah membaca novelnya, disana disebutkan bahwa Bu Mul asli sangat memegang teguh ajaran Islam, saya kira juga akan memegang prinsip dlm berpakaian, alias berjilbab rapat.

3:08 PM  
Anonymous Anonymous said...

pertanyaan sama dengan Harry-jogja. n Kami tunggu tayangan tanggal 25 September nanti.

1:21 PM  
Anonymous Anonymous said...

semoga seluruh Dunia akan menyaksikan keluarbiasaan serta kemahadahsyatan dari film ini dan hikmah terindah di baliknya..selamat menikmati terobosan baru maha karya anak negeri..!!

5:22 PM  
Anonymous Anonymous said...

novelnya KEREN, so filmnya keren BANGET. Tiap mau nonton pasti kehabisan tiket:-(

5:34 PM  
Anonymous Anonymous said...

ternyata filmnya gak sebagus novelnya......apa yg ditampilkan dalam film kurang menggugah spt di novelnya....datar2 aja...hanya di endingnya aja spt ending film kebanyakan....memang film gak perlu detail spt novel...tp paling tidak si penulis script bisa mengambil momen2 yang bagus di novel tsb utk divisualisasikan lebih bagus dan lebih nyata ke dalam sebuah film....ttp kenyataannya tdk spt yg saya harapkan....

12:10 PM  
Anonymous Anonymous said...

bagus ataw tidaknya,...
gini aja dech,...semenjak pertama kali diputar dibiskop xxi delta plasa surabaya,..ampe sekarang tanggal 6 oktober saya dah 6 kali nonton laskar pelangi 5 tiket saya beli dalm dua hari berturut2 kayak camping gitu dech,..
saya ga' taw apakah film ini bagus ataw tidak ...
yang jelas sekarang saya masih berencana untuk nonton minimal 6 kali lagi,...
saluut buiat karya anak negeri,..
ini baru rasa guwee,..
yang laennn kudu belajar tuch ma bang andrea,.. biar ga' diumpat ama sumpah serapah terus,..
sinetron yang membual,..mencontohkan kemewahan,..
padahal aslinya ga' seprti itu,..
kalaw guwe ga' malu2 amat nonton sinetron,..
tapi kalo yang lihat negara maju???
maw dikemanakan harga diri ini,..
ples dech,..dah ga' zamannya malu dengan keaslian negara kita,..toh orang pasti bangga kalw kita jujur dan berani bangkit dari sisa2 belenggu penjajahan yang masih menghalangi anak negeri untuk bangkit,..
sekali lagi teruslah berakarya andrea,..
guwe yakin jutaan doa telah terpanjatkan demi terusnya penamu menggugah semangat yang telah mulai pudar ini

5:09 AM  
Blogger suryowidiyanto said...

aku udah nonton kang, filmnya bagus banget dan inspiring sekali, pokoknya ciamik dah...

11:29 AM  
Blogger lina123 Chen said...

chenlina20150627
air max 90
true religion sale
jordan concord 11s
michael kors bag
air jordans
longchamp sale
pandora rings
michael kors outlet
coach outlet
pandora charms
burberry outlet
coach outlet store online
abercrombie fitch
michael kors
coach purses
true religion
retro 11
cheap chanel handbags
fitflop sale
kobe bryant shoes
ray ban wayfarer
longchamp pas cher
christian louboutin outlet
michael kors outlet
kate spade handbags
gucci handbags
juicy couture outlet
burberry handbags
ray ban outlet
michael kors outlet online
insanity dvd
michael kors outlet online sale
gucci bags
toms shoes
michael kors outlet online
burberry outlet
imitation watches
michael kors outlet
jordan pas cher femme
gucci bags

4:15 PM  
Blogger chenlina said...

chenlina20160505
air jordan 13
christian louboutin outlet
cheap jordan shoes
louis vuitton
michael kors outlet
ray bans
michael kors
burberry outlet
nike air jordan
kobe 11
juicy couture
true religion
nike uk
air max 90
replica watches
ray ban sunglasses
longchamp bags
ray ban sunglasses outlet
jordan 11 concord
fitflop sandals
coach outlet
oakley sunglasses cheap
louis vuitton outlet
adidas originals
basketball shoes
true religion sale
tiffany and co
nfl jerseys wholesale
ugg boots
louis vuitton purses
christian louboutin sale
ray ban sunglasses
cheap nfl jerseys
coach outlet
nike roshe flyknit
lebron james shoes 13
cheap air jordans
coach factorty outlet
louis vuitton outlet
polo ralph lauren outlet
as

9:10 AM  
Blogger raybanoutlet001 said...

cheap nfl jerseys
ralph lauren outlet
eagles jerseys
michael kors outlet
converse trainers
nike shoes
michael kors handbags
snapbacks wholesale
carolina jerseys
san antonio spurs jerseys

3:31 PM  
Blogger 郑佳颖 said...

adidas shoes
adidas stan smith men
patriots jersey
new england patriots jerseys
falcons jersey
cartier love bracelet
michael kors outlet
michael kors outlet
fitflops sale clearance
air max 90

2:43 PM  
Blogger 郑佳颖 said...

yeezy boost
golden goose
adidas gazelle sale
michael kors
basketball shoes
adidas outlet online
air jordan
kobe basketball shoes
air jordans
nike air max

2:54 PM  

Post a Comment

<< Home