Thursday, June 21, 2007

Alexandra Dewi, Pengarang Nonfiksi untuk Kaum Metropop-Metroseksual

Buku pertamanya, I Beg Your Prada, terbit September 2006, hanya dalam satu bulan cetak ulang. Baru-baru ini, di Buzz Café Pondok Indah, ia meluncurkan bukunya yang kedua: Queen of Heart. Keduanya diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Siapakah dia?

Alexandra Dewi, demikian nama pena yang digunakannya. Ia sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan kepenulisan, namun justru piawai merangkai kata dengan komunikatif. Bahasanya renyah mengalir, mudah dipahami, dan sarat dengan tip-tip yang sungguh bermanfat bagi perempuan lajang.

Saya ingin pembaca langsung menangkap maksud saya. Terutama agar mudah bagi para ibu yang ingin menyampaikannya kepada anak-anak remajanya,” harap Dewi mengenai buku-bukunya.

Sahabatnya, Joekimchan, menyebutnya sebagai perempuan modern yang berpikir jadul (zaman dulu). Mengapa demikian? Bayangkan, di masa kini, ketika pergaulan kaum muda sangat permisif, Dewi justru menjadi cemas dan ingin memberi bekal bagi para perempuan metropolitan dengan sentuhan etika ketimuran.

Saya kan juga punya anak,” ujar Dewi yang sehari-hari bekerja sebagai managing director di Sun Hope Indonesia dan memiliki dua anak. Si sulung berusia tujuh tahun. Jika kelak mereka tak mendengar nasihat saya, minimal dapat membaca buku ibunya.”

Apa rencana berikutnya? Saya ingin menulis buku tentang suka-duka pernikahan. Pernikahan itu bukan dunia fantasi, itu yang harus disadari.” Wah, jadi tak sabar menunggunya.

(Kurnia Effendi)